Pabrik Entrepreneur Indonesia

Sekarang saya coba membahas mengenai pabrik Entrepreneuur Indonesia.
kenapa saya katakan “pabrik” karena ini adalah sumber produksi yang dimulai dari input, proses dan output (produk). bisa mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi, yang siap dipasarkan.

bengkel pengusaha

mencetak wirausaha baru

pabrik entrepreneur disini berarti organisasi, lembaga , perkumpulan, komunitas, program swasta atau non swasta, perusahaan, personal, kelompok, pendidikan, dan berbagai macam sumber- sumber. yang menciptakan entrepreneur baru di Indonesia dalam skala mikro, kecil, menengah maupun bisa jadi usaha besar, secara tingkatannya.
menurut pengamatan dan pengalaman bisa dikelompokkan atau di coba dicari sumbernya yaitu :

1. Komunitas bisnis : ada komunitas yang berbayar maupun tidak berbayar , dimana komunitas ini dipimpin oleh entrepreneur yang biasanya entrepreneur kecil, atau menengah atau besar. dimana mengajarkan secara motivasi atau prakter dan mengarahkan jaringan. pembelajarannya nya adalah sistem mentoring, atau informasi di kelas dari pembicara, dan bahkan pendampingan oleh tenaga ahlinya, sehingga peserta nya atau muridnya bisa memulai usaha dan berani memulai usaha.

2. dari program pemerintah untuk penciptaan wirausaha baru, apakah metode pelatihan atau program pembimbingan usaha baru. kalau pelatihan yang jangka pendek misal beberapa hari atau mingguan sampai satu bulan, misalnya pelatihan teknisi kendaraan, sablon, jahit, kerajinan, dan lainnya. ada juga jenis pengmbangan program entreperneur dari beberapa bulan sampai 6 bulan. dimana pesertanya dibimbing dan dibina dari nol dan diusahakan bisa membuka usaha, yang biasanya, dimulai dari usaha mikro atau kecil.
3. program inkubasi bisnis, bisa dari perusahaan, atau pemerintah, atau perogram perguruan tinggi : menciptakan entrepreneur dari bidangnya, dengan masa jangka pendek 3 bulan sampai tahunan misal satu tahun. dibimbing dan disediakan tempat, atau akses pemodalan, bahkan legalitas juga, bisa juga penentuan hak atas kekayaan intelektual. program ini banyak dilaksanakan di kampus di indonesia dan departemen – departemen pemerintah dan juga banyak menghasilkan entrepreneur baru yang berskala menengah.
3. personal yang secara sosial membantu orang lain untuk membuka usaha atas dasar perhatiannya, atau kejelian membantu orang lain, bisa dia emang mempunyai program atau tidak mempunyai program. karena mengajar atas keilmuannya atau pengalamannya, dengan tujuan membantu atau tujuan usaha personal, untuk peningkatan jumlah entrepreneur.
4. lembaga swasta apakah itu LSM (lembaga swadaya masyarakat) , NGO (non profit organization) yang membuat program dari kerjasama dgn organisasi lain atau tida, untuk peningkatan usaha baru.
5. perusahaan yang memprogramkan tujuan sosial untuk penciptaan wirausaha baru.

di indonesia sudah banyak program-program di atas yang berjalan tapi masih kurang banyak sehingga indonesia masih perlu menambah nya.
semoga bisa banyak inovasi agak lebih efektif dalam penciptaan usaha baru dan menghasilkan produksi masal( wirausaha baru yang banyak) ditahun ini dan beberapa tahun ke depan agar bisa diraih persentase jumlah wirausaha yang lebih banyak seperti 5 % ditahun 2020. moga saja🙂
amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s