Sumber Modal Usaha Baru

modal usaha

dana usaha

Setelah liat-liat facebook dan comment topik facebook dari suatu komunitas usaha. mengenai modal awal start up
jadinya punya inspirasi sumber modal untuk usaha baru. modal memang bisa berarti bukan hanya uang dalam teori ekonomi Manajemen.

Modal berupa : Man, Metode, material, dan lain-lain, uang juga merupakan bentuk modal.
topik kli ini saya coba menjelaskan dan melengkapi informasi bagaimana mencari modal (uang) untuk memulai bisnis, walaupun modal untuk memulai bisnis bukan hanya uang.
tapi kli ini saya khususkan untuk mencari modal uang kli ini:
1. uang bisa didapat dari memakai sebagian tabungan untuk membuka usaha baru. hehe, kenapa harus sebagian, ya iyalah masa semua nanti untuk makan gimana dan kebutuhan lainnya, maklum klo anak kuliah yang ngekost.
2. modal bersama atau kerja team untuk membuka usaha, bisa sharing modal setengah-setengah dengan teman atau rekan.
3. bisa kita punya skill usaha atau kemampuan berlebih misal, punya kemampuan design atau programmer program desktop, dan pernah kerja di perusahaan IT besar, ya klo ada teman yang jago pemasaran IT dan punya uang tuk modalin buka usaha, ya mulailah. tentunya dengan kejujuran, dan pembagian hasil secara Adil. jadi uang total dari teman.


4.Dari keluarga, yah bisa saja misalnya kita punya uang jajan, yang seharusnya untuk kita gunakan untuk jajan, bagian dari uang itu dipakai untuk memulai usaha.
5. dari hadiah, misalnya juara atau kli aja ada yang dapet uang hasil kuis otomotif di TV, hehe, masil banyak hadiah lainnya, misalnya dapet hadiah sepatu beli satu dapet tiga, jadinya yang dua dijual. hehe , walaupun kecil lumayan bisa dana rintisan usaha.
6.Modal dari sebagian gaji , sebagian uang pensiun, sebagian, uang THR, hehe. kli aja bisa digunakan untuk membuka usaha, klo bisa minimal dicoba saja, jangan berlebihan.banyak pengusaha yang bermula dari modal itu.
7. modal kompetisi, misalnya juara design lumayan tuh ada juara sampai 6 orang misalnya masing-masing dapet juara. menggambar, ya luamayan uangnya dipake modal awal buat kursus gambar. dan karya kita, sertifikat juaranya juga jadi promosi. dahsyat tuh.
8.bisa juga dari juara yang emang kompetisi yang berhubungan dengan usaha, misal proposal bisnis yang menang dapat, uang, pelatihan usaha, dan sarana usaha awal, dan yang penting dapat link
dahsyat juga tuh juara langsung dibantuin buka usaha, dan dimbing oleh mentor usaha atau pakar usaha, bisa pengusaha atau praktisi.
9. dari ventura atau perusahaan pemodal usaha, bisa juga mengajukan, biasanya ada yang konsep bagi hasil atau bagi saham, bila menurut mereka usaha nya bagus.
10. bisa juga dari perbankan,syariah, BMT, micro finance atau lembaga-lembaga keuangan sejenis, yah klo pilihannyanya lebih baik pilihan ini, dan biasanya jadi hutang, ya pasti bisa bentuknya bunga, klo saya pribadi kurang suka berhutang🙂.
klo bagi hasil murni bolehlah saya pikirkan.
11. dari angel capital, adalah personal bisa pengusaha yang suka investasi atau orang yang punya uang ingin investasi, karena pada dasarnya ia seorang investor dan suka pada bisnis tertentu , misalnya bisnis IT, dia kemungkinan pengalaman mengembangkan bisnis IT, jadi klo minat dengan proposal dan minat mendanai usaha yangh baru berdiri. maka ia akan berpartisipasi.
12. dari hasil jualin produk orang lain, atau bantuin orang lain bisa saja dapet uang, misalnya nganterin nasi goreng ke om, pakde. hehe
13.dari Fund: atau pencarian modal dari pihak lain apakah untuk sosial, green solution, eco, untuk meraih dananya bisa berdasarkan proyek pengembangan, dan menawarkannya ke perusahaan, atau masyarakat, atau lembaga -lembaga baik lokal maupun dunia.

14. dari penawaran orang lain atau organisasi, bisa saja tau-tau ada ngajak join, untuk meneruskan usaha, misal usaha teman, udah ada modalnya tuh tinggal bantuin ngembangin, dan jadi ownernya juga karena jadi bagi hasil.

sebenernya banyak hal lain, karena cari modal bisa dapat momentum, ketika jeli itu peluang, dan dianggap yang terbaik.

dan juga pastinya butuh kreatifitas dan kerja keras.

semoga berhasil

maju terus calon-calon entrepreneur Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s