Pengembangan Usaha Untuk Bisa Naik Kelas

usaha berkembang

inovasi untuk pengembangan bisnis

Sesuai dengan Topik yang saya janjikan , untuk penerus topik sebelumnya yaitu mengenai merintis bisnis.
maka pada kesempatan sekarang saya coba untuk membuat topik mengenai Pengembangan usaha yang diharapkan merupakan informasi awal dalam hal naik kelas usaha.
🙂
misalnya naik kelas usaha itu adalah :
– dari start up usaha menjadi usaha baru
– dari merintis usaha jadi usaha mikro
– dari usaha mikro menjadi usaha kecil
-dari usaha kecil menjadi usaha menengah
– dari usaha menengah menjadi usaha besar
begitu lah harapannya.
tetapi bisa saja ada yang loncat level atau tidak berurut yaitu dari merintis langsung menjadi usaha kecil tanpa memalui tahap mikro, atau contohnya lagi langsung membuka usaha untuk level menengah.

Banyak cara untuk bisa seperti itu, coba saya jelaskan beberapa.
1. Membeli Franchise atau waralaba : waralaba adalah bisnis yang bisa dibeli baik itu sudah berjalan atau take over maupun mau dijalankan (start up), banyak sekali syarat bisnis untuk bisa franchise, bisnis franchise banyak di sekitar kita lihat saja minimarket yang bermerk rata rata adalah minimarket franchise dan contohnya lagi adalah restoran cepat saji dari Negara Amerika serikat atau Jepang banyak yang modelnya Franchise. banyak sekali hal untuk menjelaskan Franchise ini.

2. Join Bisnis : bisa saja langsung ke level usaha kecil dengan usaha kecil lain atau investor untuk membuka usaha kecil yang levelnya pas. misal usaha kecil yang bregerak dalam bidang kreatif industry misal kerajinan, makanan, teknologi dan banyak lagi.

masih banyak lagi model-model untuk bisa langsung naik kelas, dua tingkat satu tingkat … bisa diatur .. hehe🙂

Kali ini saya juga akan mencoba menjelaskan kenapa usaha itu bisa berkembang, kenapa hayooo?
ya tentunya adanya inovasi dan selalu belajar bagi sang owner nya.
inovasi atau penerapan hal baru itu sangat penting, sebagai contoh:
cara memasarkan sebelumnya dengan cara personal hanya oleh pemilik usaha. menjadi merekrut tenaga kerja bagian sales dan pemasaran.

Bisa juga dengan menerapka teknologi untuk pemasaran, apakah usaha kecil membuat website,blogger, facebook, twitter, sms gateway dan fax.

hal itu bisa melipatgandakan pesanan atau order atau penjualan produk.

Tentunya banyak sekali jenis -jenis inovasi, seperti inovasi keuangan, inovasi produk, inovasi cara mendapatkan klien atau mitra kerja, inovasi teknologi, inovasi kemasan dan lain sebagainya.

pengusaha setiap level juga harus mendapatkan pelatihan, pengambangan untuk meningkatkan kemampuan usaha.

misal dari lembaga swasta seperti konsultan, komunitas bisnis, dari pemerintah, dari keluarga dan dari lembaga pendidikan.

pada dasarnya usaha – usaha pasti menghadapi kendala , nah untuk mengatasi kendala itu biasanya ada solusinya. karena pada dasarnya jenis pengembangan atau kendala usaha ada pola. dan ada pola yang sama.

misalnya kendala manajemen mencakup keuangan, SDM
dan tentunya setiap usaha memiliki teknik pengturan tersebut , ya tentunya ada penulisan keuangan baik itu sederhana sampai yang rumit
pastinya juga ada yang kerja, ya iyalah mana mungkin gak ada yang kerja , klo gak ada yang kerja ya bukan usaha, hehe . minimalkan yang kerjanya pasti yang punya usahanya itu sendiri.

yah namanya juga usaha , sedangkan usaha = ikhtiar
so maju terus bagi yang punya usaha atau bisnis

Satu pemikiran pada “Pengembangan Usaha Untuk Bisa Naik Kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s